beranda

Saturday, August 3, 2013

Yang boleh dikerjakan dan larangan dalam Melakukan Latihan



   
Yang boleh dilakukan ...

... Memulai dengan berjalan.

Berjalan adalah cara yang baik untuk pemanasan. Hal ini
akan menghemat tenaga hingga akhir latihan yang kita kerjakan,dan  berjalan merupakan cara yang baik untuk mengurangi panas yang berlebihan selama latihan.

...
Gunakan Pakaian yang longgar dan berwarna terang.

Pakaian longgar memungkinkan
badan lebih leluasa untuk melepaskan panas. Cobalah untuk tidak mengenakan pakaian dari bahan  katun saat  berjalan atau selama latihan. Ada beberapa bahan sintetis yang berbeda yang dapat menyerap  keringat dari kulit kita, yang mengurangi gesekan dan membantu pendinginan  tubuh lebih cepat.

... Minum air dingin.

Air dingin membuat
  seorang pelari  lebih cepat  mengganti cairan tubuh .Selain itu,meminum air dingin dapat  menghasilkan efek pendinginan fisiologis  dan efek pendinginan psikologis yang lebih besar.

...
Pendinginan.

Setelah melakukan aktifitas olah raga,cobalah sedikit berlari lari kecil/ jogging ringan  ataupun dengan berjalan perlahan karena hal ini dapat  menurunkan suhu tubuh dan mengurangi keringat saat otot bekerja,lakukan juga sedikit gerakan peregangan karena dengan  peregangan dapat membantu otot untuk rileks .

... Tidak memakai Headset

Jangan memakai
memakai head set ,karena hal ini memungkinkan kita tidak mendengar apa-apa di sekitar kita ,kendaraan,atau mungkin kejadian di sekitar kita .

... Menjaga kepala Anda.

Pada saat kepala kita tetap tegak hal Ini akan membantu menjaga keseimbangan  seluruh tubuh , yang akan membantu mencegah terjadinya resiko cedera .Posisi kepala yang tegak sejajar  Ini juga akan memungkinkan Anda  dapat berlari lebih sedikit cepat  (sekitar 30 detik untuk lari 10K).

...
Perhatikan posisi  lengan  Anda.

Sebuah kesalahan besar bahkan
 dilakukan oleh  pelari  pro adalah posisi lengan yang kurang baik. Posisikan lengan  Anda rileks,dan hindari  gerakan lengan yang berlebihan jika  ingin menjaga  bahu Anda, usahakan lengan  berada di sudut sekitar 90 derajat. Jangan kepalkan tangan Anda.

...
percaya kemampuan diri anda sendiri.

Berlarilah dengan kecepatan biasa dan teratur,boleh kita menantang diri sendiri tetapi usahakan untuk tidak memberatkan buat diri kita sendiri . Jangan berkecil hati karena Anda tidak dapat bersaing dengan orang lain. Selaraskan tubuh kita baik kemampuan, kekuatan , tujuan kita,Dengarkan tubuh Anda dan berusahalah berjalan pada kecepatan yang nyaman bagi Anda.

... Merawat cedera.

Jangan
paksakan diri Anda untuk berlatih sementara  anda  cedera. Untuk pulih dari cedera, gunakan Metode R.I.C.E. (Rest-Ice-Compression-Elevation): istirahat, es, kompresi dan elevasi. Lebih baik jangan berlatih terlebih dahulu jika Anda  mengalami  cedera karena  Anda hanya akan membuatnya lebih buruk.

... Bergabung dengan
Club lokal.

Hal Ini akan  sangat berguna  sehingga  Anda dapat bersama –sama  menikmati latihan dengan banyak orang . Dengan berlatih bersama-sama Anda akan mendapatkan tips-tips latihan yang bagus dengan orang lain.

...
Speed Work

Kecepatan kerja  adalah pengaturan  kecepatan kit a dengan jarak yang kita tempuh.Mengatur  interval kecepatan  pada lari jarak pendek dapat dilakukan lebih cepat dari biasanya

... Bernapas dengan  irama.

Cara terbaik untuk menjaga irama pernapasan yang tepat adalah
saat menarik napas atau  mengeluarkan nafas yaitu pada saat  setiap kali kaki kita yang  dominan kontak dengan tanah. Sederhananya, setiap kali kaki dominan Anda menyentuh tanah Anda juga akan menghirup atau  menghembuskan napas.


to the next.................
*Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment