beranda

Thursday, May 30, 2013

Ini Dia, Tips Membina Keluarga Sakinah

Ini Dia, Tips Membina Keluarga Sakinah

Aris Arianto - Timlo.net

Dok.Facebook
Dok.Facebook
Keluarga Sakinah.
Wonogiri — Keluarga sakinah adalah keluarga yang dibina atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi hajat spiritual dan material secara layak dan seimbang, yang diliputi suasana kasih-sayang antar anggota keluarga dan lingkungannya secara selaras, serasi, serta mampu menghayati dan mengamalkan ajaran agama. Keluarga semacam ini sangat didambakan oleh semua pasangan suami-istri.
“Secara istilah, sakinah berarti rasa tenteram, aman, dan damai serta terpenuhinya hajat hidup spiritual dan material secara layak dan seimbang. Untuk menuju kearah itu, perlu upaya yang konsisten dari pihak suami dan istri,” ujar Najib Al Masykur, penyuluh fungsional Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri dalam menyampaikan materinya pada sosialisasi keluarga sakinah Pemkab Wonogiri di Ruang Data komplek Setda, Selasa (28/5).
Menurut dia, ada 3 langkah yang bisa ditempuh pasangan suami-istri untuk mencapai kondisi keluarga yang sakinah. Pertama mewujudkan harmonisasi hubungan antara suami-istri, kedua membina hubungan sosial, dan terakhir membina kesejahteraan keluarga.
“Hubungan yang harmonis tercipta melalui adanya saling pengertian, menerima kenyataan, memupuk rasa cinta, musyawarah, gemar memaafkan, dan bersama-sama dalam kebaikan. Sedang hubungan sosial meliputi hubungan antar anggota keluarga, dan antar tetangga dan masyarakat,” papar dia.
Sedang, Rabbani, Anggota Komisi A DPRD Wonogiri menambahkan, kesejahteraan keluarga bisa diperoleh dengan adanya pilar-pilar penopang. Setidaknya ada lima macam pilar, yakni, kekuatan spiritual, kekuatan moral, kekuatan pengetahuan, kekuatan ekonomi, dan kekuatan kerjasama.

*demikian,sumber  http://www.timlo.net/baca/72936/ini-dia-tips-membina-keluarga-sakinah/
*semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment