beranda

Wednesday, May 29, 2013

Makalah Bola Volley

SEJARAH BOLA VOLI
FPOK
UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA




 




 








NAMA                  :  JOKO MULYONO
KELAS                   :  SOLO P





I.Sejarah Bola Voli

Bola basket berkembang cukup pesat di Amerika pada sekitar tahun 1890-an,namun bola basket umumnya dimainkan oleh pemain-pemain muda dengan kondisi fisik yang prima.Hal ini mendorong William G Morgan seorang Direktur Pendidikan Jasmani di YMCA (Young Men’s Christian Association) merancang suatu permainan yang tidak seberat Bola basket,agar cocok dimainkan oleh orang-orang yang lebih tua.Pada 09 Februari 1895 di Holyoke,Massachusetts (Amerika Serikat),permainan yang dirancang oleh William G Morgan ditampilkan untuk pertama kali,Permainan ini Dinamakan Mintonette.
Permainan Mintonette ini diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu,yaitu bola basket,baseball,tenis dan yang terakhir adalah bola tangan (handball).Mintonette yang diciptan bagi anggota YMCA yang tidak berusia muda maka permainan ini cenderung tidak seaktif bola basket.
Nama Mintonette berubah menjadi Volleyball,pada saat demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School.Dimana pada awal 1896,Dr.Luther Halsey Gullick ,seorang Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus Executive Director of Depatment of physical Education of the International Committee of YMCA mengundang William Morgan dan memintanya untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan.Pada sebuah Konferensi di Kampus YMCA,Springffield William Morgan membawa dua tim yang masing-masing beranggotakan lima orang pemain.Pada kesempatan itu Morgan menjelaskan bahwa permainan ini dapat dimainkan didalam maupun diluar ruangan dengan sangat leluasa,jumlah pemain pun tidak ada batasan,jadi dapat dimainkan oleh banyak pemain.Sasaran daripermainan ini adlah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi,dari wilayah permainan ke wilayah lawan.Dari demontrasi mintonette tersebut atas saran dari ProfessorAlfred T. Halstead,mintonette berubah menjadi Volley Ball,berdasarkan gerakan-gerakan utama pada permainan tersebut yaitu gerakan memukul bola sebelum menyentuh tanah (Volley).
Beberapa peraturan permainan yang telah ditulis William Morgan diantaranya adalah penggunaan net setinggi 6 feet 6 inci,lapangan berukuran 7,6m x 15,2m,dan dimainkan oleh beberapa orang pemain.dalam.Permainan terbagi dalam Sembilan babak,pada setiap babak masing-masing tim memiliki kesempatan untuk melakukan servis.Tidak terdapat batasan  kontak pemain dengan bola,sebelum bola tersebut dapat dipukul dan berpindah ke wilayah lawan.Jika seorang pemain melakukan servis,maka ia masih diijinkanuntuk melakukan servis yang kedua.Sedangkan pemukulan bola kearah net dianggap sebagai pelanggaran dan berakibat kehilangan skor,kecuali pada saat melakukan servis yang pertama,karena setelah servis pertama masih ada kesempatan pada servis kedua.

II.PERKEMBANGAN BOLA VOLI DI INDONESIA

            Bola voli di kenal di Indonesia sekitar tahun 1928,dimana pemerintah Belanda mendatangkan guru-guru pendidikan jasmani di sekolah sekolah milik pemerintah belanda.Disamping itu tentara Belanda yang tinggal di asrama-asrama sering bermain/berolahraga dan mengadakan pertandingan antar kompeni.
            Semakin berkembangnya olahraga bolavoli ini banyak berdiri perkumpulan bola voli di beberapa kota besar,dan pada 22 Januari 1955 perkumpulan tersebut sepakat mendirikan PBVSI,yaitu induk olahraga bola volidengan tujuan untuk semakin mengembangkan bolavoli di Indonesia dengan mengadakan kejurnas.
            Perkembangan bola voli sangat menonjol saat menjelang Asian Games IV 1962 dan Ganefo I 1963 di Jakarta.Pertandingan bola voli resmi menjadi cabang olahraga di PON II 1951 di Jakarta dan POM I di Yogyakarta tahun1951.

III.PEMBINAAN BOLA VOLI DI INDONESIA

            PBVSI sebagai induk olah raga bola voli seluruh Indonesia memiliki jenjang pembinaan yang dilakukan dari tingkat daerah hingga professional.
PROLIGA,adalah Event Bola voli professional di Indonesia,event ini dikemas dengan menggabungkansebuah kompetisi bolavoli dengan entertainment agar permainan bola voli bias melibatkan dan dapat dinikmati oleh publik.Sebagai Event professional maka setiap Klub yang mengikutinya diwajibkan untuk mengikat pemain-pemainnya secara professional.
LIVOLI,merupakan event pertandingan antar klub tertinggi di Indonesia.Livoli diikuti oleh 10 klub resmi anggota PBVSI putra dan putrid terbaik di Indonesia.Setiap pemain yang berlaga merupakan atlet binaan maupun anggota klub yang bertanding.Melalui Livoli akan ditentukan peringkat klub secara nasional,2 klub terbawah akan terdegradasi dan wajib mengikuti kejurnas antar klub.
KEJURNAS,merupakan event yangmempertandingkan semua perwakilan klub resmi anggota PBVSI.Klub yang berhak mengikuti event ini adalah finalis pada event kejurda,sedangkan klub finalis kejurnas berhak promosi untuk mengikuti LIvoli
KEJURDA,event ini dilaksanakanoleh masing-masing propinsi.


IV. PERMAINAN BOLA VOLI
A.LAPANGAN
                                  

 Bola Voli dimainkan pada sebuah lapangan persegi panjang.Seiringdengan terus berkembangnyapermainan bola voli,maka standar-standar ukuran internasional dan sarana pendukungpada lapangan bolavoli pun telah ditetapkan.
·         Panjang Lapangan  = 18 m
·         Lebar lapangan       = 9 m
Panjang lapangan tersebut dibagi dua dan dipisahkan dengan sebuah net yang dipasng pada dua buah tiang.
·         Tinggi Net :Putra   = 2,43 m
                    Putri    = 2,24 m
·         Lebar Net               = 1 m
Rod/Antena terbuat dari bahan fiberglass,dengan panjang 180 cm,,berbentuk lingkaran dengan diameter 1 cm,diberi warna berselang-seling tiap 10 cm.Antena ini dipasang pada pita batas samping kanan dan kiri lapangan,100 cm menempel pada net,80 cm menjulang diatas net.
Free Zona/zonz bebas yaitu area yang mengelilingi area tim dengan lebar minimal 3 m.

Bola,yang digunakan berbentuk bulat dengan lapisan luar terbuat dari kulit yang lentur,lapisan dalamnya terbuat dari karet atau yang sejenis.Berat bola bolavoli adalah 250-280 gram,keliling 65-67 cm,tekanan udara  0,40-0,45 kg/cm².

B.Teknik Bola Voly
A.Servis
Servis pada zaman sekarang bukan lagi sebagai awal dari suatu permainan atau sekedar menyajikan bola, tetapi sebagai suatu serangan pertama bagi regu yang melakukan servis. Servis terdiri dari servis tangan bawah dan servis tangan atas.Servis tangan atas dibedakan lagi atas tennis servis,floating dan cekis.
1.     servis tangan bawah
1.   mula-mula pemain berdiri dipetak servis dengan kaki kiri lebih kedepan dari kaki kanan.
2.   bola dipegang dengan tangan kiri
3.   bola dilambungkan tidak terlalu tinggi,tangan kanan ditarik ke bawah belakang
4.   setelah bola kira-kira setinggi pinggang,lengan kanan diayunkan lurus kedepan untuk memukul bola
5.   telapak tangan menghadap bola dan tangan ditegangkan untuk mendapat pantulan yang sempurna,tangan dapat pula menggenggam.
2.     tennis servis
1.   sikap persiapan dimulai dengan mengambil posisi kaki kiri lebih kedepan, kedua lutut agak rendah
2.   tangan kiri dan kanan bersama-sama memegang bola,tangan kirimenyangga bola,tangan kanan di atas bola.
3.   bola dilambungkan dengan tangan kiri kira-kira 1/2 meter di atas kepala
4.   tangan kanan ditarik kebelakang atas kepala,menghadap depan
5.   lakukan gerakan seperti mensmesh bola,perhatian terpusat pada bola
6.   lecutan tangan diperlukan pada saat perkenaan bola.
3.     floating servis
1.   posisi kaki sama seperti tennis servis
2.   tangan kiri memegang bola dan tangan kanan disamping setinggi pelipis
3.   dengan tangan kiri bola dilambungkan ssedikit kesamping kanan tidak terlalu tinggi
4.   setelah bola melambung keatas setinggi kepala, tangan kanan dipukulkan pada bagian tengah bola.
5.   pukulan float dapat dilakukan dengan beberapa cara:
1. dengan tumit tangan
2. dengan tangan, dimana ibu jari dilipat kedalam dan menempel pada telapak tangan
3. memukul dengan tangan tergenggam.
4.     cekis
1.   sikap permulaan dengan mengambil sikap berdiri menyamping dengan tubuh bagian kiri lebih dekat kejaring.
2.   bola dipegang tangan kiri dan kanan.
3.   saat bola dilambungkan, badan diliukkan sedikit kebelakang dan lutut ditekuk
4.   kedua tangan dijulurkan kearah samping bawah kanan dalam keadaan memegang bola.
5.   bola dilambung keatas kepala dengan kedua belah tangan.
6.   setelah bola lepas, tangan kanan ditarik kesamping kanan bawah, liukkan badan kekanan.
7.   berat badan ada dikaki kanan,telapak tangan menghadap keatas
8.   setelah bola ada pada jangkauan tangan,secepatnya bersama sama lengan,liukkan badan kesamping kiri
9.   perkenaan bola bagian bawah belakang bola,pukulan bola dibantu liukkan badan dan lecutan tangan.
Service ada beberapa macam:
§  Service atas adalah service dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya. Kemudian Server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.
§  Service bawah adalah service dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola. Tangan yang memukul bola bersiap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah.
§  Service mengapung adalah service atas dengan awalan dan cara memukul yang hampir sama. Awalan service mengapung adalah melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi (tidak terlalu tinggi dari kepala). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.
Yang perlu diperhatikan dalam service antara lain :
§  Sikap badan dan pandangan.
§  Lambung keatas harus sesuai dengan kebutuhan.
§  Saat kapan harus memukul bola.

B.Passing

Menerima bola dari servis lawan,dengan tujuan mengoper bola untuk mempersiapkan serangan balik.
Pasing dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:
§  Passing Bawah (Pukulan/pengambilan tangan kebawah)
§  Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.
§  tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan.
§  Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.
§  Passing Keatas (Pukulan/pengambilan tangan keatas)
§  Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.
§  Badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola.
§  Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga.
§  Penyentuhan pada semua jari-jari dan gerakannya meluruskan kedua tangan
§  Menggunakan gerakan kaki untuk menambah power

C.Smash (spike)

Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada di atas jaring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan faktor-faktor berikut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan. Teknik smash Menurut Muhajir Teknik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal (2006,23). Menurut pendapat M. Mariyanto mengemukakan bahwa : “ Smash adalah suatu pukulan yang kuat dimana tangan kontak dengan bola secara penuh pada bagian atas , sehingga jalannya bola terjal dengan kecepatan yang tinggi, apabila pukulan bola lebih tinggi berada di atas net , maka bola dapat dipukul tajam ke bawah .” (2006 : 128 ) Menurut Iwan Kristianto mengemukakan bahwa , Smash adalah pukulan keras yang biasanya mematikan karena bola sulit diterima atau dikembalikan . “ (2003 : 143 ) . Spike adalah merupakan bentuk serangan yang paling banyak digunakan untuk menyerang dalam upaya memperoleh nilai suatu tim dalam permainan voli . Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa Teknik Smash atau spike adalah cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan untuk mencapai pukulan keras yang biasanya mematikan ke daerah lawan. Tes smash Menurut Sandika mengemukakan bahwa tes smash adalah tolok ukur untuk mengukur kemampuan smash.

D.Membendung (blocking)

Bola yang melewati tangan bloker

Upaya untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawandi dekat jaring. Sikap memblok yang benar adalah:
§  Jongkok, bersiap untuk melompat.
§  Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas.
§  Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan pada kawan satu regu untuk bergantian melakukan block.
Block ada dua macam.
            1.Block Tunggal
               Block tunggal adalah membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain
2.Block ganda
   Block ganda  adalah membendung bola yang dilakukan oleh dua orang pemain atau lebih.
   Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan block ganda antara lain adalah memadukan langkah kaki dan kerjasama antar blocker dalam menentukan waktu lompatan dan arah pergerakan bola.

E.Kedudukan pemain (posisi pemain)

Pemain dalam permainan bola voli berjumlah 6 orang setiap tim,dengan pemain cadangan berjumlah masing-masing 6 orang.
Pada waktu service kedua regu harus berada dalam lapangan / didaerahnya masing-masing dalam 2 deret kesamping. Tiga deret ada di depan dan tiga deret ada di belakang. Pemain nomor satu dinamakan server, pemain kedua dinamakan spiker, pemain ketiga dinamakan set upper atau tosser,pemain nomor empat dinamakan blocker, pemain nomor lima dan enam dinamakan libero
Dalam sebuah tim terdapat 4 peran penting.
1.Tosser sering pula disebut setter atau pengumpan.Tugas tosser adalah memberikan umpan kepada rekan-rekannya dan mengatur jalannya permainan.
2.Spiker,adalah pemain yang melakukan spike tau smash.Tugasnya adalah memukul bola agar jatuh di daerah lawan untuk mencari point.
3.Libero,adalah pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk,namun libero tidak boleh melakukan smash bola keseberang net.
Pemain yang berposisi sebagai libero ditandai dengan seragam yang berbeda dengan pemain lain.
Jadi libero adalah pemain yang dapat secara bebas mengambil alih peran pemain lain,namun dalam pertandingan libero tidak boleh memiliki dua posisi ataupun berganti posisi.
4.Defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan lawan

*Demikian,disarikan dari berbagai sumber
*semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment