beranda

Wednesday, May 29, 2013

Mengenal Radang Amandel


Mengenal Tonsillitis atau Radang Amandel Lebih Jauh

Amandel atau tonsil adalah salah satu bagian tubuh manusia yang termasuk kedalam kelenjar getah bening.Yang terletak pada bagian atas kanan dan kiri pangkal pada tenggorokan.
Amandel merupakan bagian dari pertahanan/filter tubuh manusia. Pada bagian amandel / tonsil terdapat sel-sel makrofak yang berguna sebagai penyaring bakteri agar tidak masuk kedalam tubuh manusia.Tonsillitis adalah bagian dari infeksi pada saluran pernafasan bagian atas.Tonsillitis ini sangat mudah untuk diketahui. Umumnya tanda-tandanya adalah rasa sakit bila menelan dan biasanya disertai demam. Jika mempunyai amandel yang cukup lama biasanya tidak merasakan sakit bila menelan melainkan kesulitan untuk menelan dan susah untuk bernafas juga dikarenakan amandel / tonsil yang sudah membesar sehingga terjadinya penyempitan pada saluran tenggorokan.
Gejala Terjadinya Tonsillitis
Berdasarkan referensi Babymedical, radang amandel pada anak-anak memiliki ciri-ciri:
  1. Sakit tenggorokan lebih dari 48 jam dan biasanya disertai dengan Nyeri saat menelan.
  2. Tenggorokan berwarna merah disertai dengan amandel yang membesar atau bisa juga terlihat titik-titik putih pada daerah amandel.
  3. Badan demam yang disertai dengan suhu tinggi. Biasanya disertai batuk dan pilek
  4. Badan terasa pegal-pegal
  5. Terlihat adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening di bawah rahang dan di leher
  6. Anak merasakan sakit kepala.
  7. Suara anak berubah menjadi serak atau kehilangan suara.

Apa Sebenarnya Fungsi Organ Amandel?


Pada organ amandel terdapat sel-sel darah putih yang termasuk sistem kekebalan tubuh dan berfungsi meredam serangan penyakit. Amandel juga membantu mematikan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya radang dan tubuh menjadi demam. Infeksi juga dapat terjadi di bagian tenggorokan dan sekitarnya.
Jika gejala-gejala tersebut tidak hilang atau berkurang dalam 3-4 hari, maka sebaiknya orangtua membawa anaknya ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. Radang amandel bisa disebabkan infeksi oleh virus atau bakteri.
Jika radang amandel disebabkan oleh bakteri, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik untuk menghilangkan infeksi tersebut. Tapi jika disebabkan oleh virus, maka anak diusahakan untuk banyak minum air putih, mengonsumsi makanan yang lunak serta diberikan obat untuk mengurangi gejala yang ada. Anak yang mengalami radang amandel diserta dengan hidung meler dan diare lebih banyak disebabkan oleh virus.
Mengkonsumsi antibiotik tidak baik dilakukan terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama.
Masalah tonsillitis sering sekali kita jumpai. Seseorang jika sudah terkena tonsillitis sangat mudah untuk terkena penyakit tonsillitis kembali. Cara menghindari terkena radang kembali lakukan hal berikut :
* Mengindari makanan dan minuman yang bersifat dingin.
* Menghindari makanan yang memakai perasa dan bahan pengawet.
* Memakai masker di kawasan yang berdebu dan berpolusi.
* Minum suplemen dan olahraga secara teratur untuk menjaga daya tahan tubuh.
* Berkumur – kumur dengan air garam minimal 3-4 kali sehari.
* Mengkompres dengan air hangat pada leher.
* Istirahat dan tidur yang cukup.
Selain perawatan dengan obat-obatan, terkadang anak yang mengalami radang tenggorokan harus menjalani operasi pengangkatan amandel (Tonsillectomy). Operasi ini dilakukan dalam kondisi darurat dan infeksi yang terjadi sudah berulang-ulang atau lebih dari lima kali dalam setahun serta telah mengganggu waktu tidur dan aktivitas anak.
Tips Menghindari Tonsillitis
Berikut beberapa cara sederhana agar terhindar dari radang amandel:
- Makan dan minum dalam kondisi hangat.
- Menghindari udara yang terlalu dingin.
- Memperbanyak makan buah.
- Mengkonsumsi makanan yang yang telah dimasak / matang.
- Bila terjadi pembesaran,berkumurlah dengan air hangat yang sudah di campur dengan air garam sehingga terkena organ amandelnya.
Herbal Untuk Amandel

Banyak tanaman obat tradisional yang dapat mencegah terjadinya radang amandel. Herbal Sambung nyawa, mengkudu, dan sambiloto dapat digunakan secara langsung untuk mencegah peradangan. Cara konsumsi dapat dilakukan secara alami dengan merebus dan diminum sehari 1x saja. Beberapa herbal dan tanaman obat yang cocok untuk amandel adalah temulawak dan daun pegagan.
Umumnya serangan amandel terjadi jika sang pasien saat tersebut kondisinya tidak dalam keadaan fit, sehingga perlu juga diperhatikan hal-hal berikut :
a. Hindari minuman dingin
b. Hindari konsumsi makanan / minuman dengan perasa buatan / pengawet
c. Minum air putih hangat di pagi hari
d. Konsumsi
 herbal amandel dan obat tradisional seperti diatas
e. Istirahat dan olahraga yang cukup


No comments:

Post a Comment