beranda

Friday, October 4, 2013

17 gejala tidak boleh diabaikan



17 gejala tidak boleh diabaikan

Gejala  adalah  hal –hal yang timbul dan mengindikasikan bahwa seseorang menderita suatu penyakit.Namun tidak sedikit orang  yang mengabaikan gejala-gejala tersebut karena apa yang dirasakan bukan lah sesuatu yang parah atau berbahaya .Padahal ini adalah pandangan yang amat sangat keliru sekali.Perlu kita pahami bahwa parah atau tidaknya suatu gejala penyakit sangat menentukan kehidupan kita.untuk itu sebaiknya segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala penyakit walaupun apa yang dialami adalah sesuatu yang ringan.
Misalnya bila gejala yang kita derita adalah gejala kanker,jika diketahui pada tahap awal tentu akan lebih mudah untuk menanganinya.
Apa saja gejala yang harus kita perhatikan ? Dan yang lebih penting , segera menghubungi  dokter anda bila terjadi sutu gejala walaupun ringan dan jangan menunda-nunda karna hidup ada ditangan anda sendiri

Berikut adalah gejala-gejala yang sebaiknya kita perhatikan

1 . Batuk
 Batuk ,dapat disebabkan oleh debu,asap,asap rokok ataupun karena  terkena flu , batuk terkadang akan terasa dalam  beberapa hari atau bahkan beberapa minggu . Tapi jika batuk yang Anda rasakan telah menyebabkan kejang pada perut,mulut dan terasa dahak  yang pekat segeralah hubungi dokter  .Hal  Ini bisa menjadi salah satu dari beberapa hal, dari tuberkulosis , infeksi dada dan kanker paru-paru  .

2 . Perdarahan rektum
 Jika kotoran Anda berwarna gelap dan Anda mengalami perdarahan dari anus ,segera hubungi dokter . Ini bisa menjadi salah satu dari sejumlah hal , dari yang  jinak sebagai  perdarahan wasir/hemoroid  untuk yang lebih  serius   adalah disebabkan oleh kanker usus besar ) ,berhati hatilah, jangan mengambil risiko .

3 . Sakit kepala
Hampir Semua orang mengalami rasa  sakit kepala dari waktu ke waktu , tetapi jika sakit kepala ini terjadi  secara terus menerus  dan berkesinambungan  akan lebih baik untuk segera menghubungi dokter Anda,apalagi jika anda sudah sering mengkonsumsi  obat penghilang rasa sakit (Paracetamol,Asam Mafenamat). Penanganan yang sederhana mungkin anda perlu  untuk ganti kacamat  dikarenakan ukuran lensa yang sudah tidak sesuai atau dengan mengubah pola diet Anda / gaya hidup karena bagaimanapun tubuh memerlukan asupan gizi yang cukup, atau bisa juga lebih serius  seperti hipertensi ataupun Gejala Darah rendah,Vertigo bahkan Kanker  .Penting untuk mendapatkan kebenaran sesegera mungkin .

4 . Masalah penglihatan
Penglihata  Semua orang akan mengalami kemunduran seiring bertambahnya  usia , tetapi jika  pandangan  Anda menjadi kabur  secara mendadak sebut lah dalam semalam, atau perubahan dengan cara mencolok lainnya ,Segera periksa kacamata yang anda gunakan atau segera hubungi  dokter ahli saraf . Ini mungkin sesuatu yang tidak signifikan , tetapi juga mungkin serius .Terutama harus kita perhatikan apabila hal seperti ini terjadi pada anak-anak.

5 . Demam
Demam terjadi mungkin karena gejala Flu ataupun pasca imunisasi bagi anak ,Namun Jika demam yang terjadi  berfluktuasi antara tinggi dan normal atau jika demam yang dirasakan  terjadi 2 hingga 3 hari ,segeralah  kunjungi dokter Anda .

6 . Diare
Penyebab terjadinya diare diantaranya  disebabkan oleh  keracunan makanan /kadang kita menyebutnya salah makan atau virus.Jika kita memakan suatu makanan sedangkan kita belum pernah/jarang memakan makanan tersebut  perlu kita untuk berhati-hati karena system pencernaan kita menolak sehingga terjadi diare atau terlalu banyak makan makanan pedas sehingga terjadi iritasi pada usus kita.Diare akan menjadi berbahaya bila terjadi terus menerus karena hal ini akan menyebabkan anda dehidrasi /kekurangan cairan apalagi bila diare disertai dengan muntah .Jika hal ini terjadi minumlah oralit minum lebih banyak air mineral lebih bagus minum air kelapa atau sekarang banyak air dalam kemasan yang mengandung ion. Dan bila hal seperti ini juga terjadi pada   bayi Anda , jangan buang waktu untuk segera memeriksakan ke  dokter / perawat .

7 . Sakit dada
Jika gejala sakit dada yang anda rasakan terasa mulas tertahan bisa jadi karena terjadi radang pada hati . Apabila rasa tidak nyaman di dada dan  disertai dengan nyeri di lengan kiri Anda,Bisa jadi  Anda  terkena serangan jantung .Segera konsultasikan dengan dokter anda.

8 . Berkeringat di malam hari
Berkeringat di malam hari adalah sesuatu yang tidak normal  terjadi  karena hal ini  merupakan gejala TBC , AIDS atau penyakit Hodgkin , yang merupakan kanker getah bening . Segeralah hubungi  dokter .

9 . Luka pada alat kelamin
Ini biasanya merupakan gejala dari penyakit menular seksual .Hal ini  tidak boleh diabaikan , karena penyakit ini dapat ditularkan kepada orang lain .

10 . Masalah menstruasi
Menstruasi  adalah sesuatu proses yang normal terjadi ,akan menjadi masalah bila masa itu terjadi berlebihan atau bahkan tidak datang.Jika masa menstruasi anda  tidak datang  mungkin yang bisa terjadi adalah anda sedang hamil atau  anda menngidap fibroid atau kista pada ovarium .Periode menstruasi normal terjadi antara 5-7 hari,apabila masa menstruasi anda 10 hari atau lebih segeralah hubungi dokter ahli kandungan .

11 . Tahi Lalat baru/Mol baru .
Kebanyakan orang memiliki tahi lalat di suatu tempat di tubuh mereka . Jika tahi lalat berubah warna , bentuk atau ukuran , itu bisa berubah jahat . Berhati-hatilah dengan adanya  tahi lalat seperti ini karena ini bisa dicurigai sebagai koloid,tumor atau bahkan kanker  yang  pada akhirnya dapat mengancam jiwa .

12 . Kelemahan otot mendadak
 Jika Anda tiba-tiba menemukan Anda mengalami kesulitan berdiri , berjalan ,Keseimbangan badan anda terganggu segeralah untuk periksa ke dokter  . Bisa jadi , antara lain , penyakit Parkinson atau Anda bahkan mungkin telah mengalami stroke ringan . Dan perlu diketahui bawa stroke tidak hanya menyerang  orang yang sudah tua tetapi juga bisa terjadi pada orang -orang muda .

13 . Kesulitan bernapas .
Kesulitan Napas yang terjadi secara tiba-tiba bisa menandakan banyak hal - dari asma , reaksi alergi  . Perlu diingat bahwa asma tidak diobati dapat membunuh . Masalah pernapasan dapat dengan cepat mengancam jiwa . Jangan mengabaikannya .

14 . Buang air kecil konstan.
 Semua orang buang air kecil beberapa kali per hari, tetapi ketika Anda mulai bangun tiga atau empat kali selama malam untuk pergi ke toilet , ada sesuatu yang salah . Ini bisa menjadi masalah prostat atau timbulnya diabetes tipe 2 atau infeksi kandung kemih .

15 . Timbul Benjolan .
Apakah kita berbicara kelenjar bengkak atau benjolan di bawah kulit , ini tidak boleh diabaikan . Lebih baik aman daripada menyesal . Ini mungkin sesuatu yang jinak seperti infeksi ringan atau jerawat atau bisul , tapi sekali lagi , itu tidak mungkin . Lakukan sesuatu tentang hal itu .

16 . Kelelahan kronis
Kelelahan sebagai bagian dalam kehidupan terutama bagi  seorang yang bekerja,menghidupi keluarganya.Tetapi jika seseorang  tiba - tiba merasa seolah-olah keluar dari tempat tidur di pagi hari Dalam keadaan yang lemah letih lesu loyo mungkin ada sesuatu yang salah dengan kehidupan anda. Mungkin  anda mengalami depresi , atau kelelahan bisa menjadi gejala dari penyakit lain .

17 . Kehilangan Semangat  hidup
Jika Anda atau anggota keluarga mencurigai Anda mungkin tertekan , mengapa  hal ini bisa terjadi ? tekanan ekonomi  umumnya menjadi ssalah satu penyebab utama  atau mungkin anda sedang patah hati.di zaman modern seperti sekarang ini  depressi  dapat diobati . Kebanyakan orang yang melakukan bunuh diri karena  depresi yang terjadi . Upayakan  untuk menaikan level  serotonin  Anda  sebelum anda sampai ke tingkat putus asa .berusaha berbicara dengan seseorang yang mau untuk berbagi dapat membantu anda


*Disarikan dari berbagai sumber
*Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment