beranda

Sunday, October 6, 2013

Mengatasi Migrain



Mengatasi Migrain  

Keluhan yang sering kita rasakan  adalah demam,pusing yang berputar ,pusing yang berdenyut,dan mungkin pilek.Untuk sakit kepala  seperti apa yang saya sampaikan tadi ada yang dirasakan sebagai berputar dan berdenyut serta ada pula sakit kepala sebagian,Migrain.Migrain dirasakan terjadi kadang secara tiba-tiba,serasa menusuk pada satu bagian,terjadi pada hanya sebagian kepala,tetapi dirasakan sangat sakit.. Beberapa penyebab timbul migraine atau sakit kepala pada umumnya yaitu: stres dan ketegangan, alergi, kelelahan, flu, bau  fparfum yang menyengat, lampu terang, alkohol dan kelebihan konsumsi cokelat atau kafein.
Saking seringnya  sakit kepala ini datang sehingga orang akan menganggap sakit kepala bukanlah sesuatu hal yang  tidak berbahaya.Hal ini salah besar bila sakit kepala datang dan terasa amat sangat menyakitkan serta terjadi secara terus menerus alangkah baiknya  bila segera menghubungi dokter andauntuk penanganan lebih lanjut.
Namun Ada baiknya memang bila kita bisa menghindari atau mengurangi  timbulnya sakit kepala karena sekecil apapun usaha kita akan sangat  berarti bagi kehidupan kita.Berikut ini beberapa usaha yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sendiri sakit kepala sebelum kita harus segera ke dokter.

1. Hindari Minuman Kafein

Kafein adalah zat alami yang terdapat pada berbagai tumbuhan.Namun secara kimia kafein, ialah senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit. Kafein bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan.Pada manusia, kafein bertindak sebagai stimulan pada sistem saraf pusat dan sistem metabolik.Kafein dikonsumsi di seluruh dunia, biasanya terkandung pada minuman yang terbuat dari biji kopi atau daun teh.
Meskipun memiliki banyak manfaat, termasuk sebagai antioksidan, kafein juga dapat menimbulkan risiko kesehatan dan memiliki efek negatif lainnya. Kafein dikenal dapat  meningkatkan terjadinya migrain.sehingga yang dapat kita lakukan adalah:
·         Hindari minuman ringan atau minuman lain yang kaya kafein.
·         Anda dapat mengambil air putih atau mengkonsumsi teh hitam atau teh hijau,sebab the ini memiliki kandungan yang lebih sedikit dari pada yang terkandung dalam kopi,maupun dalam minuman ringan .
2. Bau Peppermint
Bau parfum yang cukup menyengat dapat memicu sakit kepala.Tetapi, bau peppermint akan membantu dalam mengurangi nyeri kepala. Jika Anda entah bagaimana dan dimana menghirup parfum yang kuat, maka pastikan bahwa Anda  sesegera mungkin untuk menghirup  peppermint  memiliki sifat untuk menutupi bau yang kurang menyenangkan.


3. Jahe
Jahe dikenal sebagai anti inflamasi .
• Jahe kecil dapat membantu mengurangi rasa mual yang mungkin menyebabkan migrain.
• Anda juga dapat mengkonsumsi teh jahe setiap hari di pagi dan sore hari untuk mengurangi rasa sakit kepala.

4. Memijat pelilipis

• Jika Anda merasakan sakit kepala ringan, lakukan pemijatan pada pelipis dan kepala dengan lembut  hal ini dapat meringankan rasa sakit kepala yang datang .
• Anda juga dapat menggunakan beberapa balsem nyeri di kepala Anda dan menerapkannya dengan lembut pada kedua sisi pelipis untuk mengurangi rasa sakit.

5. Body Massage
Pijat seluruh tubuh seminggu sekali akan membantu untuk menghilangkan stres dan ketegangan dan mengurangi migrain.
• Melakukan Body massage dengan minyak dapat sebagai de-stresser,memperlancar aliran darah dan merenggangkan otot – otot yang kaku serta dapat membebaskan Anda dari pemicu sakit kepala secara teratur.
• Gunakan minyak zaitun dengan dicampur sedikit jahe hangatkan sebentar kemudian oleskan keseluruh tubuh . Pemijatan secara lembut seluruh tubuh selama 10 menit dan 15 menit kemudian mandilah dengan air hangat niscaya tubuh anda akan terasa segar kembali dengan begitu keluhan akan rasa sakit di kepala akan berkurang secara signifikan .

6. Meditasi

Salah satu cara mudah untuk mengatasi stres dan untuk bersantai bagi tubuh dan pikiran adalah dengan bermeditasi.
·         Bermeditasi selama setengah jam dan dengan dilakukan setiap hari akan membuat diri anda merasa lebih tenang sehingga perasaan stres yang anda alami akan terasa lebih ringan hal ini terbukti akan membantu Anda untuk membebaskan diri dari rasa sakit migrain .
·         Duduklah dengan posisi bersila,kemudian letakkan kedua tangan diatas paha,pejamkan kedua mata.tarik nafas secara perlahan tahan sebentar hembuskan.Kosongkan pikiran buang jauh segala pikiran-pikiran yang mengganggu.
·         Pastikan bahwa Anda bermeditasi setiap hari untuk melihat hasil yang efektif.
7. Kepala Dingin Dan Hangatkan Tubuh Anda
Orang yang menderita migrain mengatakan bahwa mereka merasa daerah kepala mereka menjadi panas dan serasa berawan sedangkan tubuh mereka menjadi dingin selama serangan migrain. Jadi, coba sebaliknya sebagai obat.
• Dinginkan kepala Anda dengan menggunakan teknik kompres dingin ,bungkus beberapa es batu dengan handuk dan menerapkannya pada dahi dan pelipis.
• Pada saat yang sama, rendamlah seluruh tubuh  dalam bak air hangat dan melaksanakan prosedur ini selama 15 sampai 20 menit.
• Anda akan melihat pengurangan sakit kepala Anda dan melakukan ini sekali setiap minggu untuk mencegah serangan migrain parah.

8. Latihan ringan

Menjadi aktif merupakan cara yang efektif untuk mencegah dan mengobati migrain.
• Pastikan bahwa Anda melakukan latihan ringan sampai sedang selama 20 sampai 30 menit .
• Latihan dapat dikombinasikan dengan meditasi .

9. Minum Banyak  Air

Dehidrasi merupakan salah satu masalah utama untuk migrain.
• Pastikan bahwa Anda mengkonsumsi setidaknya 6 sampai 8 gelas air putih setiap hari untuk mengurangi rasa sakit migrain.
• Anda juga dapat mengganti satu atau dua gelas air dengan teh jahe atau jus buah.

10. Hindari Alkohol

Efek samping terlalu banyak minuman beralkohol juga menumpulkan sistem kekebalan tubuh. Alkoholik kronis membuat jauh lebih rentan terhadap virus termasuk HIV. Mereka yang sudah ketagihan biasanya mengalami suatu gejala yang disebut sindrom putus alkohol, yaitu rasa takut diberhentikan minum alkohol. Mereka akan sering gemetar dan jantung berdebar-debar, cemas, gelisah, murung, dan banyak berhalusinasi.Anda harus benar-benar menghindari alkohol jika Anda adalah orang yang menderita masalah kesehatan .
• Konsumsi sedikit saja alkohol dapat mengakibatkan sakit kepala berat dan Anda akan merasa kepala Anda menjadi sangat berat pada hari berikutnya .

Segeralah berhenti!!!!!

11. Asam lemak Omega 3

 Asam Lemak Omega 3 yang banyak terdapat pada ikan adalah sangat baik bagi kesehatan terutama  bagi otak,kita tahu bahwa bahwa anak yang mengkonsumsi Asam Lemak Omega 3 ini memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinnggi.Jika Anda mengambil beberapa dosis lemak sehat ini , maka Anda  telah  mengambil langkah yang tepat,karena Asam Lemak Omega 3 memiliki dampak yang signifikan dalam mengatasi masalah peradangan dalam tubuh yang mengakibatkan seseorang menderita sakit kepala dan kadang-kadang bahkan  migrain.
Asam Lemak Omega 3 ini dapat Anda temukan  dalam  cod liver oil kapsul atau biji rami atau bahkan ikan salmon atau ikan lain yang kaya asam lemak omega 3  untuk mengalahkan migrain.

12. Bath Peroksida Hidrogen

Hidrogen peroksida adalah detoxicant baik yang akan mengurangi sakit kepala dan rasa sakit.
• Campur hidrogen peroksida ke dalam ember air hangat.
• Gunakan untuk  mandi kemudian  keringkan dengan handuk. Anda akan merasa santai dan bebas dari sakit kepala.
• Anda juga bisa berendam dalam  campuran air hangat dengan  hidrogen peroksida selama 15 sampai 20 menit .

13. Ambil Nafas Panjang

Mengambil Nafas Panjang terutama pada pagi hari,pada saat udara masih segar belum tercampur dengan polusi  akan sangat  membantu dalam membebaskan diri dari migrain.
Jika Anda merasakan migrain datang, mulai mengambil napas panjang tapi lambat.Ini akan membuat Anda merasa santai .Sehingga badan menjadi relax otak menjadi fresh sakit kepala akan hilang.

14. Mint Atau Teh Chamomile

Sangat disarankan agar Anda minum teh panas ketika Anda merasa bahwa migrain  menyerang anda.
Tambahkan sedikit madu  kedalam  teh mint atau teh chamomile  ini akan membantu dalam  mengurangi efek migrain.Minumlah satu atau dua cangkir teh mint atau teh chamomile setiap hari akan membantu tubuh Anda untuk rileks dan mencegah migrain.

15. Cuka

• Rendam kain dalam larutan cuka kompreskan  kain pada bagian kepala di mana Anda merasa sakit luar biasa.Biarkan selama 30menit .
• Ulangi proses ini dua sampai tiga kali untuk menyingkirkan rasa sakit migrain.


*Demikian Hanya sebuah Tips
*Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment