beranda

Friday, June 7, 2013

Aku juga pengen jadi Great Teacher


Great Teacher

Keberhasilan seorang siswa tak akan lepas dari peran serta dari,siswa ,guru,orang tua,lingkungan/masyarakat.Namun bagi siswa peran seorang gurusangat lah besar artinya,karena bagi mereka tanpa arahan dan bimbingan dari guru terkadang mereka akan menemui kesulitan.Dari peran ini guru memiliki dampak jangka panjang terhadap kehidupan siswa, dan guru akan mendorong siswa mencapai keberhasilan.Terkadang acap kali guru hanyalah guru yang hanya mendidik hanya mengajarkan pelajaran yang ada bahasa kerennya Text book  hal ini karena siswa hanya menganggap guru sebagai pendidik semata,Nah agar siswa dapat menganggap guru adalah pembimbing ,pendidik  dan sebagai orang tua di sekolah berikut ini adalah sedikit tips menjadi guru yang baik,dimana  seorang guru  harus memiliki:

1.Kepribadian dan Gaya
Pengajaran

Anak  didik memiliki kecenderungan rasa ingin diperhatikan hal ini wajar bagi seorang anak  dimana terkadang mereka  ingin pamer,nah disinilah Seorang guru memberikan perhatian  sehingga  siswa akan merasa benar-benar diperhatikan.Guru yang perhatian terhadap segala sesuatu akan mudah memikat hati anak didik.Disamping itu dalam mengajar anak didik guru harus memiliki 1000 akal,hal ini dikarenakan karakter siswa yang berbeda-beda.Misalnya dalam suatu diskusi guru bukan pemegang kekuasaan tertinggi tetapi guru sebagai moderator dimana guru memberikan suatu permasalahan dan selanjutnya guru menggali ide,pendapat tanggapan dari siswa disinilah siswa akan menjadi lebih aktif dan merasa pendapat,ide maupun sanggahan mereka  untuk didengar.

2. Tujuan  Pelajaran
yang Jelas
 
Seorang guru harus  menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran sesuai dengan apa yang  diatur dalam administrasi guru dan bekerja  dengan sebaik-baiknya dan penuh semangat untuk mencapai  tujuan  yang telah ditetapkan  tiap-tiap kelas.
 
3. Keterampilan Disiplin Efektif
 
Seorang guru besar memiliki keterampilan disiplin yang efektif dan dapat meningkatkan perilaku positif dan perubahan di dalam kelas.
 
4. Keterampilan Manajemen Kelas
 
Seorang guru harus  memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat mengendalikan  perilaku yang baik siswa, kebiasaan belajar dan bekerja  yang efektif, serta membangun rasa saling hormat-menghormati di dalam kelas.Di dalam sebuah kelas dimana berkumpul berbagai macam karakter anak sehingga guru harus dapat melakukan control serta dapat mengarahkan anak didik.
 
5. Komunikasi yang baik dengan Orangtua
 
Seorang guru harus selalu  menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua dan membuat mereka mengerti tentang  segala informasi  apa saja  yang terjadi di kelas baik itu mengenai  kurikulum, disiplin, dan isu-isu lainnya. Guru harus dapat meluangkan waktu  untuk berkomunikasi dengan oreng tua  murid, Jadi tak ada salahnya jika orang tua berbagi no telpon ataupun email kepada orangtua,hal ini untuk memudahkan komunikasi.
 
6. Harapan yang tinggi
 
Seorang guru harus dapat memberikan harapan setinggi-tingginya kepada siswa serta mampu memberikan dorongan  sehingga siswa mau berusaha mencapai semua tujuan/cita-cita  secara maksimal.
 
7. Pengetahuan tentang Kurikulum dan Standar Pendidikan
 
Seorang guru harus  memiliki pengetahuan yang mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar lain  serta dapat  memastikan bahwa segala pengajaran mereka dapat  memenuhi standar tersebut.
 
8. Pengetahuan tentang Subject Matter
 
Hal ini mungkin tampak sepele, tetapi kadang-kadang diabaikan diabaikan begitu saja. Seorang guru harus memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang diajarkan. Sehingga apabila siswa bertanya tentang subjek  guru mampu menjawab dan menjelaskan kepada siswa serta  dapat mengajarkan subjek yang dimaksud  dengan lebih menarik  sehingga siswa dengan antusias memperhatikan .
 
9. Gairah Mengajar
 
Seorang guru  harus selalu  bergairah dalam mengajar  dan bekerja dengan anak-anak. Tidak ada kata malas maupun capek,sehingga hal ini dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar,serta apa yang diajarkan dapat benar-benar berpengaruh dalam kehidupan anak didik.
 
10. Hubungan yang kuat dengan Anak Didik
 
Seorang guru harus dapat mengembangkan hubungan yang kuat dengan siswa dan membangun hubungan saling percaya.Karena Anak didik akan merasa memiliki teman saat kesusahan/kesulitan,serta memiliki orang yang mereka percaya untuk dapat mengarahkan segala tindakan sesuai dengan jalurnya.


*Demikian,semoga............
*Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment