beranda

Sunday, June 2, 2013

Jangan Takut Menulis!

Minggu, 02 Juni 2013 16:13 wib
 
 
 
JAKARTA - Tidak semua orang dapat langsung menghasilkan tulisan yang baik dalam sekali coba. Namun, kritik tajam yang diperoleh saat melalui proses belajar menulis, hendaknya tidak membuat kita kapok untuk terus mencoba.
Untuk itu, Kepala UPT Humas Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sucipto Hadi Purnomo, berbagi tips menulis dalam Seminar Jurnalistik Hima Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes. “Pasti ada rasa takut dan khawatir yang menghalangi kita untuk mencoba menulis. Akan tetapi setelah kita berhasil maka segalanya akan kita dapatkan,” ujar Sucipto, seperti dikutip dari laman Unnes, Minggu (2/6/2013).

Pada kegiatan bertajuk “Explore Your Self with Journalistics” itu, Sucipto banyak memberikan motivasi agar para mahasiswa tidak takut dan khawatir dalam menulis. “Apa pun dapat digunakan sebagai bahan tulisan, misalnya tentang kejadian di sekitar, atau gagasan yang ingin kita sampaikan kepada orang lain,” paparnya.

Dia berpesan, dalam menulis, hendaknya para penulis mempunyai motivasi yang kuat. Ibarat ingin mendapatkan hati seseorang, seseorang akan rela hujan-hujanan dan menghabiskan waktu bersama. “Maka ketika menulis, kita harus rela berkorban untuk menuliskan apa yang ada dipikiran dan menyempatkan waktu untuk menuliskannya,” imbuh Sucpito.

Sementara itu, narasumber lain, yakni Achmad Munib menambahkan, setiap orang menantikan untuk diberitakan dan memberitakan. Apalagi saat ini, berita yang ada sebagian besar disajikan melalui tulisan.

“Oleh sebab itu, sebuah tulisan bisa mengubah cara berpikir seseorang. Bahkan hanya dengan sebuah tulisan seseorang dapat mengubah dunia,” ungkap Achmad.


*Demikian,Sumber www.okezone.com
*Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment