beranda

Sunday, June 16, 2013

FAKTA BARU PENYEBAB SAKIT KEPALA


FAKTA BARU PENYEBAB SAKIT KEPALA
Apakah Anda sering menderita  sakit kepala? Mungkin rutinitas sehari-hari adalah penyebab dari apa yang anda derita. Dari meja sarapan ke kantor, kehidupan sehari-hari yang penuh dengan benda-benda dan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan pelipis kepala kita berdenyut.
Mungkin kita tidak menyadari,efek dari kebiasaan kita tersebut dan Untungnya, sebagian besar pemicu sakit kepala yang tersembunyi dapat dengan mudah diperbaiki. Di sini,saya menampilkan enam yang paling umum yang dapat menyebabkan sakit kepala.
1.Telepon Anda

Terkadang dari kesibukan anda pada saat anda melakukan/menerima panggilan telepon dengan memeluk gagang telepon di antara telinga dan bahu Anda,bila anda melakukan panggilan yang berlangsung lebih dari beberapa menit dapat menyebabkan ketegangan pada leher Anda dan menyebabkan sakit kepala karena tegang. Gunakan headset hands-free, atau loudspeaker, bila memungkinkan.
Tidak dapat dipungkiri bahwa radiasi sinyal HandPhone walau masih menjadi perdebatan akan pengaruhnya terhadap kesehatan,Pada saat kita menerima/melakukan panggilan jarak sumber suara/speaker dengan gendang telinga pastilah sangat dekat,sedangkan pada gendang telinga kita terdapat alat keseimbangan dimana bila alat keseimbangan tersebut terganggu kita akan merasakan pusing/mual.
Efek panas pada Handphone pun juga dapat mempengaruhi ketegangan pada otot leher,lengan dan juga kepala
Solusi yang mungkin bisa anda lakukan
·         Lakukanlah panggilan seperlunya
·         Gunakan Headset hans-free
·         Gunakan loudspeaker bila memungkinkan

2.Kursi Anda

Kebanyakan
Kursi dibuat rata-rata memiliki tinggi 5-8 kaki, jika kursi Anda terlalu besar, mungkin tidak mendukung punggung Anda, Hal ini dapat menyebabkan ketegangan pada otot punggung dan sakit kepala, Hal tersebut disampaikan oleh terapi fisik  New York City, Karen Litzy.
3.Kopi Anda

Minum dua cangkir kopi dalam sehari,walaupun batas konsumsi wajar kopi adalah tiga gelas sehari,namun bila anda meminum dua gelas kemudian merasakan pusing ada baiknya anda untuk berusaha mengurangi kopi,sebutlah misalnya minumkopi sehari satu kali pada pagi hari.Atau mungin anda bisa mencoba mengganti kopi anda dengan kopi tanpa kafein (decaf).
4.Komputer Anda
Komputer merupakan barang yang tidak dapat dipisahkan dari kantor,apalagi kalau misalnya anda adalah sekertaris,programmer dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan computer,Apapun bentuknya layar computer memiliki radiasi tersendiri,dan Layar yang  berkedip dapat menciptakan ketegangan pada mata,ketegangan pada leher,bahu  yang dapat menyebabkan sakit kepala. Gunakanlah  pelindung layar antiglare dan jangan melihat layar secara terus menerus usahakan untuk sekali-sekali berpaling dari komputer untuk fokus pada objek lain sekitar 20 meter dari Anda.
5.Lazy Time Hari Minggu

Kadang kita merasa hari minggu adalah hari bebas,hari santai,atau bisa dibilang hari bermalas-malasan,namun tahukah anda apabila anda menunda waktu bangun tindur anda beberapa jam saja dari waktu bangun yang biasa Anda lakukan,maka hal ini akan membuat suatu perubahan ritme sirkadian Anda dan dapat menghentikan siklus pembuangan  kadar kimia otak.Hal ini dapat menyebabkan  migrain.Untuk itu pada akhir pekan,usahakan untuk tetap bangun sebagaimana anda  bangun pada waktu hari kerja normal Anda.
6.Tas Anda

Sekali-sekali timbang dan hitung berapa berat tas yang anda bawa , jika tas anda memiliki berat  lebih  dari 10 kilogram, itu bisa menyebabkan nyeri leher strain-dan kepala.Bila Tas yang anda gunakan model tas selempang usahakan untuk berganti-ganti bahu pada saat kita membawa,hal ini dikarenakan bila kita kita membawa tas selempang pada satu bahu dalam jangka waktu yang lama dapat menghambat aliran darah dari bahu,tengkuk menuju ke kepala.Usahakanlah memakai tas ransel/tas punggung walaupun dengan alas an yang sama tidak terlalu lama menggendong,sebab aliran darah ke kepala yang terhambat,bert ransel pun harus kita prhatikan karena berat beban yang terlalu berat dapat menyebabkan ketgangan pada otot punggung. Meringankan beban Anda atau membagi-bagi itu antara tas dan tas, di atas bahu yang berlawanan mungkin dapat menjadi solusi bagi anda.

*Demikian,disarikan dari berbagai sumber
*Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment