beranda

Monday, June 24, 2013

Bagaimana memilih gym



Bagaimana memilih gym

Bila Kita  membuat suatu  keputusan untuk bergabung dengan gym,pastilah kita akan memulai dengan penuh semangat .Kita dapat meluangkan waktu untuk berolahraga yang tepat dan memaksimalkan fisik dan mental dengan olahraga teratur. Siapa tahu, Anda bahkan mungkin bertemu dengan teman  atau mendapatkan teman baru.
Namun perlu dipertimbangkan seandainya kita ingin memilih suatu gym/pusat kebugaran karena bagaimanapun ini menyangkut kenyamanan kita dalam berolahraga dan bukan merupakan bban.
Berikut pertimbangan yang mungkin anda butuhkan untuk memilih gym:

A.Lokasi dan Waktu Operasional
Sebuah pusat kebugaran perlu diakses yang mudah dan nyaman . Idealnya, pusat kebugaran berada dalam lima atau 10 menit dari rumah atau tempat kerja.
Juga
melihat jam operasional pusat kebugaran tersebut, termasuk hari libur dan akhir pekan. Pastikan fasilitas tersebut  tetap buka pada saat Anda berniat akan berlatih.

B.Tata Ruang
Rasa Malu merupakan salah satu hambatan utama untuk memulai berolahraga. Sangat penting untuk  kita merasa nyaman bila berada di suatu pusat kebugaran.
Untuk itu Lihatlah orang-orang  yang sudah menjadi anggota,lihat apakah Anda akan akan merasa nyaman saat berkeringat bersama mereka. Periksa  apakah istruktur yang ada termasuk orang ramah dan membantu membantu anda.
Gyms besar
mungkin bisa menjadi masalah karena anda mungkin akan merasa sendiri.Kadangkala  Beberapa orang lebih memilih pusat kebugaran  yang lebih kecil Dimana anggotanya kebanyakan ingin menurunkan berat badan,Beberapa gyms memiliki anggota adalah perempuan sehingga memiliki kamar khusus untuk wanita atau pelatihan pribadi.
Setiap pusat
kebugaran akan memiliki budaya sendiri yang unik, profil staf dan basis keanggotaan, jadi jangan berkecil hati jika tempat pertama yang kita dikunjungi adalah bukan apa yang Anda ada dalam pikiran.

C.Biaya dan Perjanjian Program Latihan
Harga keanggotaan gym akan bervariasi tergantung pada layanan yang ditawarkan dan durasi keanggotaan.
Sebuah gyms harus memiliki daftar latihan dan itu bervariasi tergantung di mana Anda berada,
Namun sebuah gym harus memiliki:
·         instruktur yang profesional dalam kebugaran dan berpengalaman serta menguasai  pertolongan pertama
·         asuransi publik yang memadai dan jaminan asuransi profesional apabila terjadi kasus cedera
·         Pelayanan kuesioner penilaian risiko yang meneliti risiko sebelum kita memulai program latihan
·         Kesempatan istirahat (biasanya tujuh hari) dari program latihan untuk keanggotaan lebih dari tiga bulan.
Sebelum kita berkomitmen dengan sebuah gym, cobalah untuk mencari tahu apakah pusat kebugaran tersebut sudah mapan, dan memiliki reputasi yang baik. Dan berpikir panjang apabila kita ingin melakukan program latihan dalam jangka panjang.
Periksa  juga apakah keanggotaan Anda termasuk parkir mobil, loker, mengurus anak-anak, atau pengaturan timbal balik dengan pusat-pusat kebugaran  lain, serta pertanyakan status keanggotaan anda bila sakit atau anda ingin pindah keluar kota.

D.Kelas dan peralatan
Kebanyakan gyms menawarkan berbagai mesin latihan berbasis kardiovaskular (seperti treadmill dan sepeda latihan) dan peralatan latihan kekuatan (seperti bobot,barble), ditambah pilihan kelas latihan yang sesuai dengan kelompok usia yang sesuai dan tingkat kebugaran anggota.
Peralatan gyms yang bervariasi seperti pompa, berputar, gravitasi dan Pilates,apakah dalam kondisi baik dan berlaku untuk setiap kelas. Jangan takut untuk bertanya focus pada setiap program latihan pada setiap kelas/tingkat, dan serta seberapa sering peralatan yang ada digunakan,karena bila kita harus antre dalam menggunakan peralatan tentu akan mengganggu program latihan. Periksa pula waktu latihan untuk tiap-tiap kelas sesuai dengan waktu luang anda.
Jika Anda berniat untuk menggunakan mesin, pastikan ada berbagai pilihan dan bahwa
peralatan yang ada mudah untuk dijalankan dan anda dapat memahami kegunaan peralatan tersebut serta adanya instruktur yang siap untuk membantu anda,pastikan Peralatan yang ada  harus bersih dan terawat dengan baik.
Instruktur  harus tersedia untuk menangani setiap ada pertanyaan baik mengenai program latihan dan tentang tata cara pengoperasian peralatan, serta untuk memberikan saran tentang teknik yang benar selama latihan.

E.Tambahan opsional
Beberapa gyms mungkin menawarkan berbagai program dan layanan tambahan, seperti saran gizi, weight loss challenges , lifestyle seminar,dan pelatihan pribadi.
Kadang disebuah gym  memiliki fasilitas tambahan lain misalnya jus bar, kolam renang, spa atau sauna, atau kamar yang ditujukan untuk kegiatan tertentu seperti peregangan dan pijat.Hal ini tentu akan menambah jumlah yang harus anda bayar,bila ingin menggunakan fasilitas tersebut.Namun bila fasilitas itu memang anda butuhkan mungkin bukan suatu masalah besar hal tersebut anda pertimbangkan untuk memilih gym dengan berbagai tambahan fasilitas yang ada.

F.Mencoba Terlebih Dahulu
Sebelum membuat pilihan untuk bergabung dengan sebuah gym tidak ada salahnya Anda mencoba terlebih dahulu,datanglah kepusat kebugaran sebagai pengunjung biasa (Dimana untuk sekali kunjungan berkisar antara Rp.10.000-50.000), atau jika memungkinkan menggunakan fasilitas free pass.
Apabila anda ingin mencoba sebuah gym datanglah pada saat waktu normal kunjungan,karena beberapa gyms bisa sangat sibuk di masa puncaknya,dan apabila ingin meneruskan gunakan kesempatan pada waktu normal kunjungan.
Parkir,Instruktur dsan pelayanan, harus anda perhatikan untuk kenyamanan anda selama latihan.
Pastikan ada ventilasi
/AC yang baik dan kebersihan,serta fasilitas ruang ganti yang cocok.
Coba
bebrapa pusat kebugaran sebagai perbandingan.

*Demikian,disarikan dari berbagai sumber
*Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment