beranda

Friday, June 7, 2013

Kemitraan dengan Orangtua Murid


Kemitraan dengan Orangtua
oleh Kit Richer, PhD, 

Keterlibatan orang tua merupakan salah satu faktor  penting dalam keberhasilan akademik siswa . Meskipun orang tua
 siswa berasal dari berbagai latar belakang serta memiliki  tingkat keterlibatan dalam mendidik siswa yang berbeda-beda bahkan mungkin cara mereka memperlakukan anak didik yaitu putra-putri mereka sendiri  mungkin tidak sesuai dengan harapan sekolah namun harus selalu diingat bahwa mereka adalah sekutu dan bukan musuh. Mereka mencintai anak mereka dan ingin anak-anak mereka  menjadi sukses, dan sebagian besar  mereka akan merespon upaya Anda untuk berkolaborasi,bekerja sama  dalam mendidik dan mengarahkan siswa Anda.

Bermitra dengan Keluarga: Mengapa itu Layak
 untuk dilakukan?

Keluarga siswa  adalah sumber daya yang besar. Mengambil waktu untuk berkolaborasi,bekerja sama  dengan orang tua  akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah diman hal ini dapat  meningkatkan kesempatan siswa Anda untuk  berhasil dalam pelajaran!

Akademisi

Meningkatkan keterlibatan orang tua  dalam pendidikan anak berkorelasi / berhubungan dengan peningkatan kelas, perbaikan sikap, nilai tes yang lebih tinggi, serta mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi.Untuk anak Sekolah dasar  nilai prestasi sangatlah penting bagi siswa dan sekolah ,maka sangat penting pula upaya untuk  memaksimalkan peran serta  kerjasama dengan orangtua  untuk membantu anak didik  berhasil mendpatkan hasil yang membanggakan.

Tingkah laku

Hubungan yang kuat antara guru dan orangtua  sangat penting  dengan hal hal yang berkaitan dengan perilaku siswa di sekolah, dimana kita ketahui anak didik memiliki karakter yang berbeda-beda terkadang anak yang memiliki harga diri tinggi telihat sombong maupun  adanya siswa minder  dengan teman –teman yang lain Selain itu kerjasama dengan orangtua siswa dapat menjaga dan meningkatkan tingkat kehadiran di sekolah yang lebih baik.
Penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sekolah dan praktek guru lebih penting daripada ras, pendidikan orang tua, dan status perkawinan dalam memprediksi keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak.
Hal yang perlu dipertimbangkan ketika membentuk kemitraan dengan keluarga
• Kemitraan adalah
usaha timbal balik dimana hal ini dilakukan dengan melibatkan mendengarkan serta berbagi. Bermitra TIDAK memberitahu seseorang apa yang harus dilakukan. Sebaliknya, menawarkan keahlian (akademisi), dan mendorong mereka untuk menawarkan keahlian mereka (pengetahuan tentang anak mereka dan lingkungan keluarga) untuk melakukan brainstorming strategi terbaik untuk mendukung siswa.
Orang tua  memiliki  latar belakang pendidikan  yang berbeda-beda dan mungkin  mereka memiliki cara sendiri untuk turut serta dalam pendidikan anak namun ada kalanya mereka  tidak tahu bagaimana untuk berpartisipasi dalam pendidikan anak mereka. Mungkin mereka memiliki  pengalaman negatif semasa mereka  di sekolah, atau mereka merasa bahwa semasa sekolah , mereka sendiri  bukan siswa yang dianggap berhasil. Juga, jika orang tua berasal dari  latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda dari mayoritas sekolah mereka mungkin merasa terasing dari proses pendidikan.
Pada Kenyataannya  ketersediaan dan keterlibatan orangtua terhadap pendidikan anak dipengaruhi pula oleh dinamika orangrua siswa itu sendiri.Sebutlah misalnya jadwal kerja orangtua,transportasi, jumlah anggota keluarga, maupun  pengaturan hak asuh hal ini dapat mempengaruhi keterlibatan orangtua dalam mengawasi anak.Guru atau pihak sekolah  harus menjelaskan hal-hal tersebut tanpa maksud untuk menghakimi  tetapi menggali segala kendala yang mungkin timbul dalam pengawasan anak didik untuk dicari solusi/jalan keluar demi kebaikan semua terutama anak didik.
• Keterlibatan orang tua cenderung menurun
seiring meningkatnya usia anak,dikarenakan mungkin mereka berfikir bahwa anak mereka sudah besar dapat membedakan baik-buruk.Namun perlu disadari bahwa anak-anak sangat membutuhkan  keterlibatan orang tua dalam kehidupannya. Remaja adalah kelompok yang sangat  rentan karena perubahan sosial dan perkembangan yang  terjadi.Hal ini perlu disadari karena perkembangan teknologi yang sangat pesat serta pengaruh lingkungan sekitar yang bisa berdampak negative bagi siswa. Siswa yang lebih tua mungkin tidak perlubimbingan  orangtua dalam melakukan tugas ataupun  pekerjaan rumah dibandingkan adik-adik mereka yang lebih muda, tetapi bagaimanapun juga mereka tetap membutuhkan bimbingan dan dorongan untuk mempertahankan kebiasaan baik yang sudah dilakukan, mengelola beban pekerjaan yang semakin berat, dan menetapkan tujuan untuk masa depan mereka.

10 Tips Cara Bentuk Kemitraan baik dengan Keluarga

1. Lepaskan penilaian dan prasangka tentang orangtua.Anggaplah mereka sekutu bagi  Anda.Orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Menghormati mereka dan tetap fokus pada membantu anak didik membimbing dan mengarahkan  serta mengajarkan sesuai dengan tujuan pendidikan.

2. Membuat kontak dengan
orangtua murid,pada setiap tahun ajaran baru,usahakan untuk memperkenalkan diri dan berusaha untuk mengenal mereka,tidak perlu menunggu mereka berinisiatiflah  untuk  memulai memperkenalkan diri.Sampaikan kepada orangtua siswa bahawa betapa pentingnya  peran serta orangtua dalam pendidikan anak serta betapa pentingnya kerjasama antara guru,sekolah dan orangtua bagi masa depan anak,serta sampaikan bahwa anda ingin terus bermitra,bekerjasama dengan mereka. Fokus pada membangun hubungan yang baik sebelum masalah muncul. Dengan cara ini,komunikasi  antara Orangtua dan anda akan terus terjalin,bukan sebaliknya orangtua bertemu anda hanya pada saat ada masalah atau hal-hal negative mengenai anak didik.
 
3. Menyebarluaskan informasi kepada semua orangtua  tentang bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang positif di rumah. Penjadwalan waktu pekerjaan rumah, membatasi televisi, menciptakan ruang pekerjaan rumah, dan rencana untuk memeriksa PR adalah contoh dari hal-hal yang dapat dilakukan orang tua dalam membimbing anak. Anda adalah ahli pendidikan!
 
4. Sampaikan segala hal pertama-tama kepada orangtua anak didik,karena dengan diutamakanya orangtua ,hal ini menunjukkan Anda peduli dan menghormati kontribusi mereka.
 
5. Kemitraan dilakukan secara terus menerus walaupun  frekuensi komunikasi harus tergantung pada kebutuhan anak, tetapi sangat ideal untuk melakukan kontak pribadi dengan semua orangtua. Buat rencana untuk melakukan evaluasi  jika diperlukan.dapat dilakukan dengan  pertemuan POMG.
 
6. Ajukan pertanyaan tentang harapan orangtua terhadap anak didik, bagaimana mereka saat ini mengawasi anak-anak dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, dan bagaimana Anda dan sekolah dapat membantu mereka. Anda juga mungkin ingin bertanya apakah ada kesulitan yang dapat mempengaruhi siswa secara emosional. Tanyakan tentang tanggung jawab rumah tangga lainnya dikarenaka ada beberapa siswa yang melakukan tugas tugas keluarga selain tugas utama mereka yakni belajar  misalnya, banyak anak-anak  yang harus membantu orangtuanya untuk menjaga adik,ikut membantu melakukan pekerjaan rumah tangga menyapu,masak dan lain-lain).
 
7. Mendorong  orangtua untuk aktif dalam mengawasi anak –anak,saling berbagi tentang anak mereka ,saat anda menjalankan kelas. Pastikan mereka tahu bagaimana menghubungi Anda jika mereka memiliki pertanyaan.
 
8. Bekerjasama  untuk membuat /menciptakan tujuan bersama Hal ini dapat dilakukan bila Anda ingin  ingin memasukkan anak dalam penetapan tujuan ,misalnya anak dilibatkan dalam suatu perlombaan. Sertakan orangtua dalam pemecahan masalah. Bantu mereka membuat suatu penghargaan terhadap prestasi yang dicapai oleh anak didik, dan juga konsekuensi  apabila anak gagal/kurang berhasil,bagaimana cara memperbaiki,serta mengembalikan motivasi anak didik.
 
9. Jangan menilai kekurangan  keterlibatan orangtua. Alih-alih tetap fokus pada apa yang akan membantu siswa menjadi sukses.
 
10. Dorong orang tua untuk bekerjasama  dengan keluarga lain, terutama jika mereka memiliki kendala waktu dalam membantu anak mereka sendiri. Lihat apakah beberapa siswa dapat membuat kelompok belajar.
 
Kedengarannya seperti pekerjaan, tetapi akan membuat hidup Anda dan kehidupan siswa jauh lebih baik dalam jangka panjang untuk membuat upaya untuk membentuk dan memelihara kemitraan dengan keluarga. Anda akan memiliki tentara sekutu!Bagaimanapun ini adalah usaha bersama…………




*Demikian,....................
*Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment