beranda

Sunday, June 2, 2013

Cara Menginspirasi Siswa


Cara Menginspirasi Siswa

Menginspirasi siswa terkadang menjadi salah satu pekerjaan  yang paling paling sulit dilakukan oleh guru. Guru masuk setiap hari mengajar hal yang sama kepada anak-anak yang berbeda setiap tahun, dan kebanyakan dari siswa tidak tertarik untuk memperhatikan.berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat membantu bagi para guru.

1
.Kenali audiens Anda.Dalam hal ini adalah siswa,siswa sekolah dasar pastilah cenderung untuk lebih suka bermain atau suatu permainan.Namun ada juga bagi kelas tinggi dengan adanya perkembangan teknologi tentu mereka memiliki kesukaan tertentu,maka disini guru berusaha mencari/berusaha mendapatkan informasi tentang kesukaan anak didik.misalnya artis/penyanyi kesukaan.

2.Cari tahu siapa pahlawan
ataupun idola  mereka dan diam-diam memasukkan ke dalam topik yang Anda ingin menginspirasi mereka pada.

3.Tunjukkan pada mereka bahwa mimpi mereka
dapat  dicapai sebagaimana idola mereka. Jika mereka tidak memiliki harapan maka mereka tidak akan memiliki inspirasi apapun. Jika mereka tidak memiliki inspirasi apapun maka mereka tidak akan menemukan mimpi atau tujuan yang ingin mereka capai. Jika mereka tidak memiliki itu, lalu apa gunanya mencoba?

4. Bantu mereka.
rutinitas kegiatan yang mereka jalani terkadang menjadikan siswa menjadi malas, dan putus asa. Jika Anda tidak menempatkan diri  agar anda dapat selalu ada disamping mereka maka mereka tidak akan datang kepada Anda. Contoh: Jika Anda ingin siswa Anda untuk menjadi penulis, aktor atau tukang pipa, Anda harus membuatnya mudah bagi mereka untuk menjadi apa yang mereka inginkan. Beri mereka daftar situs, menunjukkan kepada mereka kisah sukses karier, menguraikan tentang bagaimana membuat langkah pertama menuju impian mereka.

5. Membuat siswa nyaman dansenang. Jika kelas Anda tidak nyaman dan siswa tidak dapat  tertawa serta tidak dapat  menikmati subjek, maka mereka tidak akan terinspirasi.
6. Jangan menyerah.Mungkin akan terasa sulit pada awalnya tetapi akan sangat menyenangkan pada akhirnya,dan satu hal yang pasti bahwa bila anak mengetahui usaha anda untuk membantu mereka meraih mimpi tentu mereka akan dengan penuh semangat untuk melakukan.
7. Cari orang populer di kelas. Jika Anda dapat membuat anak popular ini merasa senang dan si anak dapat berpikir bahwa kelas Anda menyenangkan dan inspiratif, kemungkinan teman teman yang lain  akan mengikuti dan memperhatikan apa yang Anda katakan.

8. Jangan berhenti mencoba dan menjadi dingin,tidak acuh pada mereka.karena hal ini dapat menunjukkan bahwa anda gagal dan pada akhirnya siswa anda akan kecewa,yang seterusnya tidak akan menghormati  Anda.
9. Pastikan bahwa anda pun mencoba seperti siswa anda, dan pastikan siswa anda mengikuti apa yang anda lakukan. (Tidak ada gunanya menginspirasi siswa Anda jika mereka tidak mau berusaha)
10. Jika mereka tampaknya tidak memperhatikan,Jangan sampai anda putus asa,Rangkullah mereka beri mereka pengertian bahwa apapun hasilnya mereka tetaplah  orang-orang yang penting yang akan menjadi orang berguna kelak kemudian hari.
11.Jangan mencoba terlalu keras. Dalam suatu pepatah Remaja seperti binatang, jika mereka mencium ketakutan atau keputusasaan mereka akan menyerang.
12. Juga, jangan naif, tidak peduli seberapa keras Anda mencoba Anda tidak akan menginspirasi semua siswa Anda.


*Demikian,disarikan dari berbagai sumber
*Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment