beranda

Thursday, June 13, 2013

Penanganan Gangguan Ringan Sebelum Obat


Penanganan Gangguan Ringan Sebelum Obat

Terkadang kita begitu khawatir dengan suatu kejadian yang kita alami,sedangkan kejadian-kejadian tersebut adalah suatu siklus alami dalam tubuh.Kekhawatiran yang berlebihan bahkan mungkin akan memperparah keadaan jadi hati-hatilah.
Beberapa kejadia  dimana dapat kita lakukan ,dan tidak harus memerlukan pengobatan/obat. Coba cara sederhana ini terlebih dulu. Banyak yang membuktikan keampuhannya.
* Hidung Mampet
Atasi hidung yang tersumbat karena sinus dengan menekan lidah ke bagian atap mulut, lalu tekan dengan satu jari di antara alis. Menurut Lisa DeStefano, asisiten profesor di Michigan State University, ilmu pengobatan osteophatic, cara ini bisa mengakibatkan tulang vomur atau tulang tipis yang memisahkan lubang hidung, yang menghubungkan saluran hidung ke mulut bergerak maju mundur.
* Sakit gigi
Bila gigi mendadak sakit dan kamu tidak punya obat pereda sakit, gosokkan es di bagian belakang telapak tangan, tepatnya di bagian berbentuk V antara jempol dan telunjuk. Alur saraf di daerah V bisa menstimuli daerah otak dan mencegah sinyal rasa sakit ke wajah dan tangan. Menurut penelitian di Kanada, cara ini bisa mengurangi rasa sakit hingga 50%.
* Tenggorokan gatal
Saat tenggorokan terasa gatal, garuklah telinga. Menurut Scott Schaffer, M, spesialis THT di New Jersey jika saraf mendapat rangsangan bisa menciptakan reflek di tenggorokan sehingga mampu menghasilkan kejang otot. Nah, kejang inilah yang bisa menghilangkan rasa gatal.
* Mati rasa
Pernah mengalami tangan mati rasa saat menyetir? Coba goyangkan kepala ke kiri dan ke kanan. Cara ini bisa mengusir mati rasa kurang semenit, kata Dr. DeStefano.  Menurutnya penyebab mati rasa adalah adanya tekanan pada kumpulan syaraf di leher, dan melonggarkan otot leher bisa menghilangkan tekanan.
* Kulit terbakar
Saat kulit `terbakar' karena tidak sengaja menyentuh kompor panas, misalnya, segera bersihkan kulit dan berikan pijatan ringan dengan ujung jari lain yang  tidak terluka.Siram dengan air selama 10 menitbisa juga dengan air es untuk mempercepat hilangnya rasa sakit.
* Mimisan
Saat hidung keluar darah karena mimisan, segera jepit hidung dan bersandar ke belakang. Tujuannya mengecilkan pembuluh darah yang pecah dan mempercepat pembekuan darah di hidung.
*Demam
Saat demam longgarkan baju penderita,kompres dengan air hangat ±25ยบ,untuk anak-anak usapkan kebadan seperti memandikan dengan kain.



*Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment