beranda

Sunday, June 2, 2013

GURU YANG RAMAH


GURU YANG RAMAH

Guru yang ramah adalah guru dimana  dia dapat  bertindak seperti seorang teman bagi siswanya. Seorang guru-teman, yaitu memadukan tugas  guru utuk mendidik dan membimbing serta dapat memahami siswa sebagai  seorang teman. Jika  guru bertindak seperti teman bagi siswanya,siswa kita tidak akan menyimpang dari jalan yang benar.Setiap guru harus memiliki sifat ramah dalam dirinya. Guru seperti itu lebih dekat dengan siswa dan terbukti menjadi seorang pendidik yang lebih baik.

Guru Yang Ramah diharapkan dapat :

Meningkatkan Pengembangan Kepribadian

Seorang guru yang ramah dapat memberikan dorongan
yang baik untuk pengembangan kepribadian anak. Siswa akan merasa terkekang dalam suasana yang tidak nyaman.Untuk itu  Guru yang bersahabat harus dapat  membuat mereka merasa di rumah. Namun, perlu diperhatikan  bagaimanapun guru tetap guru yang harus digugu (dilaksanakan perintahnya) dan ditiru (diterapkan apa yang dijelaskan).sehingga guru harus tetap menjaga wibawa dan tidak terlalu berlebihan keramahan yang diberikan kepada siswa,karena sesuatu yang berlebihan tentu tidak akan baik.

Mendorong  Untuk Saling Berdiskusi

Diskusi terbuka sangat penting
bagi siswa, karena mereka dapat membuatnya / menerima gagasan dan pendapat baru. Diskusi tidak harus dilakukan seperti para calon gubernur  berkampanye,cukup seorang guru memberikan suatu persoalan dan siswa memberikan ide pendapatmaupun sanggahan sehingga mendorong siswa untuk aktif.
Setiap ide dan pendapat siswa harus dihargai,penolakan yang keras terhadap ide seseorang dapat mengakibatkan ketidaktenangan bagi seseorang.
 
Mengembangkan Tali Persahabatan

Seorang guru yang ramah
akan sangat dihargai oleh siswanya.Siswa akan mempercayai apa-apa yang disampaikan ,siswa tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengikuti pelajaran, hal ini dikarenakan siswa menganggap seorang guru sebagai teman mereka.Dimana siswa dapat menyampaikan keprihatinan,keluh kesah serta ide yang ada dalam benak mereka.

Memberikan Kritik Yang membangun

Seorang guru yang ramah tidak pernah terang-terangan mengkritik
siswa di kelas,dengan tujuan  untuk mempermalukan siswanya. Sebaliknya, dia akan selalu memberikan kritik yang membangun serta  mendorong siswa untuk belajar dari suatu kesalahan sehingga kelak di kemudian harisiswa mampu untuk menyelesaikan suatu persoalan dengan baik.Siswa yang memiliki emosi yang labil akan sangat rentan dan dapat merasa malu rendah diri  jika dikritik dengan cara yang salah. Seorang guru yang ramah selalu lemah lembut dengan dengan siswanya.

*Demikian, dari Sebuah pemikiran
*Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment